Cara Mengatasi Program Yang Tidak Kompatibel Atau Tidak Jalan di Windows 7

Kali ini penulis hekdak memberikan sesuatu yang mungkin telah membuat atau menjadi salah satu faktor yang membuat orang-orang tetap atau lebih memilih Windows XP dari pada Windows 7. Kalau ditanya fitur dan keamanannya, pasti jelas Windows 7 menang! Tapi, klo ditanya kepraktisan dan kekompatibelan dengan program yang ada pasti XP menang. Sampai suatu ketika penulis pernah mendengar suatu obrolan yang isinya gini, “Eh, aku punya game baru lho, mau minta gak?”,tawar A. “Tapi bagus gak?”,tanya B .“Bagus banget, apalagi lapi (laptop) kamukan VGAnya bagus dan RAMnya gede lagi, pasti lebih oke kalau gamenya jalan disitu!”,kata si A. “Klo gitu aku minta gamenya”, pinta si B. Proses transfer game. “Waduh kok gamenya gak bisa jalan” protes si B. “Memang kamu pakai Windows apa”, tanya A. “Windows 7”, jawab B. “OO…klo gitu pantes gamenya kan Cuma bisa jalan di XP”, kata A. Dari cerpen di atas dapat dibayangkan kekecewaan si B, walaupun penulis seperti jadi guru bahasa. Tapi, memang sudah agak lama penulis menemukan sesuatu yang dapat menjadi alternatif sebelum menyesal dan patut dicoba, yaitu mengatasi program yang tidak kompatibel di Windows 7.

Kita tutor kali ini penulis, tidak menggunakan bantuan software apapun , kecuali software yang tidak kompatibel tersebut. Penulis hanya akan menggunakan tool yang memang sudah disediakan oleh Windows 7 itu sendiri. Karena Windows 7 memiliki fitur lebih lengkap dari pada windows XP. Tetapi dari penulis akan memperingatkan bahwa ini khusus hanya untuk yang belum tau saja, yang sudah tau ya boleh baca juga.

Ada beberapa langkah yang harus dilaksanakan dalam proses ini, yaitu      :

  1. Buka control panel.
  2. Pilih program. Dan muncul jendela seperti ini :
  1. Mungkin dalam gambar terlalu kecil, cari tulisan Run program made previous version of windows, di bawah Program and Feature. Jika sudah ketemu, klik. Maka muncul jendela :
  1. Kemudian klik next dan tunggu proses search. Maka muncul jendela berikut :
  1. Pilih program yang tidak bisa jalan, yang ada pada list jika tidak ada pilih Not Listed. Jika anda memilih Not Listed, maka akan muncul jendela berikut :
  1. Pada jendela ini, klik browe dan cari lokasi program yang tidak kompatibel,  Jika sudah klik, Next. Maka akan muncul jendela :
  1. Sebenarnya sama saja memilih Try Recommended Setting atau Troubelshoot Program, namun kali ini kita memilih Troubleshoot Program. Dan muncul jendela :
  1. Pada jendela ini kita disuruh untuk memilih Troubleshoot yang kita miliki dan mungkin anda sudah bisa membaca dan mengerti maksud beberapa pilihan di atas, nah…karena kasus kita kali adalah programnya tidak kompatibel dengan Windows 7 maka kita pilih opsi yang paling atas yaitu The Program worked in earlier versions of Windows but won’t install or run now. Yang mempunyai maksud menggunakan setting windows yang memungkinkan program untuk berjalan. Lalu klik, Next :
  1. Pada jendela ini, kita disuruh untuk memilih versi Windows yang sesuai atau memungkinkan program untuk berjalan. Jika sudah memilih, klik Next :
  1. Pada jendela di atas, langsung saja klik Start the Program… yang bertujuan mengetes program apakah dapat berjalan pada versi windows yang kita pilih tadi. Jika tidak bisa klik cancel, ulangi dan pilih versi Windows yang sesuai. Jika dapat berjalan, klik Next :
  1. Pada jendela di atas, kita ditujukan dengan beberapa pilihan yang intinya, jiks kita memilih Yes maka kita menyimpan pengaturan tersebut, dan jika No, maka kita tidak menyimpan. Pada tutor kali ini kita memilih Yes.

.

  1. Jendela di atas menandakan bahwa pengaturan kita telah tersimpan, klik Close dan nikmati software yang telah kita setting tadi….
  2. Sesungguhnya jika kita tadi memilih Try Recommended Setting maka kita tidak perlu memilih verrsi windowsnya tetapi kita menggunakan versi windows yang direkomendasikan oleh Windows untuk program tersebut dan kita tinggal mencobanya dengan klik Start the Program… saja.

Hanya seperti itu yang dapat penulis sampaikan, penulis hanya dapat berharap tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang membaca.

“SELAMAT MENCOBA”

One response

24 11 2010
anwarjuniansah

Setahu saya, autorun berfungsi untuk memindai USB device yang terpasang dan memberi informasi kalau ada device baru, atau bisa juga untuk menjalankan suatu program secara otomatis, setelah ada USB device dll yang terdeteksi. Jika semua program tidak bisa dibuka, mungkin ada masalah lain..

Untuk mengaktifkan autorun biasanya lewat registry, jika run tidak bisa dibuka, coba akses langsung di C/Windows/system32/regedit..

Mohon maaf jika ada kesalahan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: