Pengertian HAM

28 11 2010

Mungkin ada yang bertanya-tanya, blog ini membahas komputer dan alam tetapi kenapa sampai ke HAM, ini merupakan artikel pembuka sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya tentang Hubungan HAM dan IT, dalam artikel ini juga belum menyinggung tentang IT. Sebenarnya apakah HAM itu sendiri? tentu sangat disayangkan jika sudah membahas HAM sampai panjang lebar, tetapi tidak tahu makna dari HAM itu sendiri. HAM adalah hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia sebagai anugrah Tuhan yang melekat pada setiap diri manusia sejak lahir. Jaman dahulu HAM tidak seperti sekarang ini, pada awalnya banyak dilakukan pelanggaran dan penistaan terhadap HAM, namun lama kelamaan HAM mulai diakui oleh sejumlah orang maupun kelompok dengan lahirnya dokumen-dokumen pengakuan dan perlindungan HAM, seperti Magna Charta (1215), Bill of Rights (1689), Declaration of Independent (1776), Declaration des Droit de L’homme et du Ciyoyen (1789), dll. Beberapa pengertian mengenai hak asasi manusia hingga abad ke-19 masih sangat mendasar, yaitu menyangkut kemerdekaan untuk menyampaikan pendapat dan bebas dari rasa takut. Namun seiring perkembangan zaman, pemaknaan akan HAM juga terus berkembang, dewasa ini HAM diartikan menyangkut beberapa bidang, yaitu :

a. Hak Asasi Pribadi (personal right) meliputi hak berpendapat, hak beragama, hak untuk hidup,dll.

b. Hak Asasi Ekonomi (property rights) meliputi hak untuk membeli, menjual, memiliki, dll.

c. Hak Asasi Politik (political rights) meliputi hak pilih, hak mendirikan parpol, dll.

d. (Rights of legal equality) meliputi hak untuk mendapat perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.

e. Hak Asasi Sosial dan Budaya meliputi hak memilih pendidikan, hak mengembangkan budaya, dll.

f. Hak Asasi Mendapat Perlakuan Tata Peradian dan Perlindungan ( procedural rights) meliputi peraturan dalam penahanan, dll.

Mungkin definisi di atas juga masih akan terus berkembang seiring dengaan zaman yang terus berjalan, definisi di atas saja saya ambil dari buku PKN SMA Kelas X tahun 2007 yang menggunakan standar isi tahun 2006. Coba tengok kalender ! tahun berapa sekarang, memang belum begitu lama namun perkembangan zaman pun juga tak kalah cepat, terlebih dengan adanya globalisasi. Mungkin sudah banyak ahli yang mendefinisikan HAM dengan versi mereka sendiri-sendiri dengan berbagai macam sudut pandang dan semuanya juga memiliki dasar yang kuat tentang pendapat mereka, lantas bagaimana? mana yang kita ikuti? Mungkin semua bisa digunakan, tergantung saat itu dari sudut manakah kita memandang HAM itu sendiri.

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: